Analisis Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2009 Tentang Tahapan Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan SErta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Studi Pada Pelaksanaan MUSRENBANG Kota Bandung Tahun 2

Farahdilla Juwita, Della (2013) Analisis Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2009 Tentang Tahapan Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan SErta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Studi Pada Pelaksanaan MUSRENBANG Kota Bandung Tahun 2.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peraturan Daerah No 05 Tahun 2009 Tentang Tahapan Tatacara Penyusunan , Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Serta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan dasar hukun dari pelaksanaan musrenbang di Kota Bandung. Dengan keberadaan Perda tersebut di himbau agar masyarakat tidak lagi bersifat apatis pada kegiatan yang pada dasarnya untuk masyarakat.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang mempengaruhi proses pembuatan kebijakan yang dikemukakan oleh William Dunn dalam bukunya Analisis Kebijakan Publik. Dunn mengatakan bahwa keberhasilan analisis pembuatan suatu kebijakan dapat dilihat dari tiga faktor yaitu proses pengkajian kebijakan, proses pembuatan kebijakan, dan proses komunikasi kebijakan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melaui Observasi, Studi Pustaka, dan Wawawncara. Teknik penentuan informan adalah menggunakan teknik Purposive.Hasil dari penelitian ini adalah kebijakan Perda Kota Bandung 05 Tahun 2009 akan lebih membuat masyarakat untuk antusias pada pelaksanaan musrenbang Kota yang di adakan tahunan tersebut, dan usulan yang berasal dari masyarakat dapat terealisasikan sesuai dengan harapan masyarakat. Dan dengan adanya tiga faktor tersebut akan membantu pelaksanaan musrenbang, tentunya keberadaan Perda tersebut menjadi acuan pada pelaksanaan musrenbang. Dan tentunya instansi yang terkait dalam pelaksanaan musrenbang ini harus lebih mensosialisasikan lagi agar setiap usulan yang masuk dapat direalisasikan sesuai harapan masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kebijakan, Analisis Kebijakan, Musrenbang, Perda
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item View Item