Pengaruh Perputaran Total aktiva dan Rasio Hutang atas Modal Terhadap Pengembalian Modal Sendiri Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011

Firmansyah, Agus (2013) Pengaruh Perputaran Total aktiva dan Rasio Hutang atas Modal Terhadap Pengembalian Modal Sendiri Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Return on equity memiliki peranan didalam perusahaan karena sebagai gambaran tingkat keuntungan yang diraih oleh perusahaan. Semakin tinggi Return on equity menandakan semakin baiknya kinerja perusahaan tersebut. Dalam menentukkan komposisi Return on equity, perusahaan dapat memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti perputaran total aktiva dan debt equity ratio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh perputaran total aktiva dan debt equity ratio terhadap return on equity pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2011.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik penentuan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dengan cara dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Laporan keuangan tahunan yang digunakan berasal dari 12 perusahaan sektor pertambangan periode 2009-2011 sehingga terdapat 36 sampel. Pengujian statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20.0 For Windows.Hasil penelitian menunjukkan perputaran total aktiva dan debt equity ratio berpengaruh signifikan dan positif terhadap Return on equity. Dimana perputaran total aktiva memiliki hubungan yang rendah, sehingga perusahaan dapat mempertimbangkan faktor lain seperti net profit margin, equity multiplier, modal kerja, likuiditas, arus kas dan pangsa pasar. Selain itu hasil juga menunjukan bahwa debt equity ratio memiliki hubungan yang sedang terhadap Return on equity pada Sektor Pertambangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perputaran total aktiva, Debt equity ratio, Return on equity
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25497

Actions (login required)

View Item View Item