Usulan Perancangan Tata Letak Lantai Produksi Berdasarkan Minimasi Ongkos Material Handling (OMH) Di PT Nusantara Turbin Dan Propulsi

Bahri, Sapul (2015) Usulan Perancangan Tata Letak Lantai Produksi Berdasarkan Minimasi Ongkos Material Handling (OMH) Di PT Nusantara Turbin Dan Propulsi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Nusantara Turbin dan Prolulsi (NTP) selaku perusahaan yang bergerak dalam bisnis rekayasa, perawatan, perbaikan dan overhaul dalam bidang turbin dan rotating equipment dalam hal ini mesin pesawat terbang dan turbin gas industri. Dalam pengaturan perancangan tata letak lantai produksi faktor jarak pengangkutan material antar departemen bisa mempengaruhi besar kecilnya ongkos material handling yang terjadi.Untuk meminimasi ongkos material handling dengan menghilangkaan transportasi tidaklah mungkin bisa dilakukan, maka caranya adalah dengan melakukan hand off, yaitu menekan jumlah ongkos yang digunakan untuk biaya transportasi. Dimana menekan ongkos material handling dapat dilakukan dengan cara menghapus langkah transportasi yang tidak perlu ataupun dengan meminimasi jarak antar departemen.Dari pengolahan data yang dilakukan dengan meminimasi jarak antar depertemen yang berhubungan didapatkan penurunan nilai ongkos material handling. Perubahan yang terjadi di lantai produksi dimana shipping dipindahkan berdekatan dengan test cell, control accessories area dipindahkan diantara accessories cleaning & inspection dan accessories accumulation, dan chemical cleaning dipindahkan mendekati mechanical cleaning sehingga perubahan ini dapat meminimasi jarak angkut material di beberapa departemen.Dengan melihat hasil pengolahan data dan analisis dapat diketahui bahwa dengan mengurangi jarak pengakutan bisa meminimasi ongkos material handling yang terjadi. Dimana bisa mengurangi biaya operasional perusahaan dalam satu kali perbaikan engine CT7.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minimasi Jarak, Ongkos Material Handling, Layout.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25503

Actions (login required)

View Item View Item