Analisis Penilaian Aset Tetap Berdasarkan US GAAP dan Penilaian Aset Tetap Berdasarkan IFRS terhadap Laba (Survey Pada Perusahaan Jasa telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Periode 2006-2012)

Utami, Yaumil (2013) Analisis Penilaian Aset Tetap Berdasarkan US GAAP dan Penilaian Aset Tetap Berdasarkan IFRS terhadap Laba (Survey Pada Perusahaan Jasa telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Periode 2006-2012).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

GAAP mewajibkan sebagian besar aktiva dan kewajiban diperlakukan dan dilaporkan berdasarkan harga akuisisi dengan menggunakan prinsip biaya historis. IFRS menilai aktiva tetap berwujud dan tidak berwujud menggunakan nilai wajar.Metode GAAP yang digunakan perusahaan membuat laba perusahaan terus meningkat dibanging metode IFRS hal ini berbanding terbalik dengan teori yang ada. Atas dasar fenomena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan metode GAAP dan metode IFRS terhadap laba perusahaan jasa telekomunikasi fokus pada aset tetap.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil oleh peneliti yaitu 3 perusahaan jasa telekomunikasi yang mana laporan keuangan tahunannya dari tahun 2006-2012.Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa penilaian aset tetap metode GAAP dan metode IFRS berpengaruh signifikan positif terhadap laba metode GAAP dan metode IFRS perusahaan. Aset tetap dan laba menggunakan metode GAAP tidak berbeda secara signifikan dengan metode IFRS dikarenakan perhitungan laba perusahaan.Sebaiknya metode IFRS lebih dimaksimalkan pengungkapan dan pengukurannya karena metode tersebut sudah tepat digunakan atau di konvergensi pada perusahaan emiten karena dapat mencegah dan mendeteksi kecurangan pada pencatatan laporan keuangan karena lebih transpalasi dan biaya-biaya atau beban-beban pada metode GAAP tidak banyak yang diungkapkan lagi pada metode IFRS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Gaap, Metode IFRS, Laba, Aset Tetap
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25528

Actions (login required)

View Item View Item