Pengaruh Penagihan Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Tunggakan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Kanwil Jawa Barat I)

Mardiansyah, Dani (2013) Pengaruh Penagihan Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Tunggakan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Kanwil Jawa Barat I).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tunggakan pajak yang meliputi jumlah piutang pajak yang belum lunas sejak dikeluarkan ketetapan pajak, dan jumlah piutang yang belum lunas sebelumnya dalam masa tagihan pajak. Dari tahun ke tahun tunggakan pajak masih saja mengalami kenaikan, hambatan dari pencairan tunggakan tersebut yang menjadi tunggakan pajak terus mengalami peningkatan.Belum optimalnya penagihan dan kepatuhan wajib pajak masih menjadi kendala dalam keberhasilan pencairan tunggakan pajak. Penelitian ini dilakukan pada 16 Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kanwil Jawa Barat I. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis) sebagai alat bantu dalam pengambilan kesimpulan menggunakan software IBM SPSS Statistics.20.Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang cukup besar dari penagihan pajak terhadap tunggakan pajak sebesar 0,726 termasuk dalam kategori yang sangat erat, dan pengaruh kepatuhan wajib pajak terhadap tunggakan pajak sebesar 0,103 termasuk dalam kategori cukup lemah. Artinya semakin optimal tagihan pajak akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak sehingga akan berkurangnya tunggakan pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penagihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Tunggakan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25533

Actions (login required)

View Item View Item