Pengaruh On Street Parking terhadap Tingkat Palayanan Jalan (Studi Kasus: Jalan Dipatiukur ruas Simpang Dago sampai pertigaan jalan Multatuli Kota Bandung)

W, William and Themi, (2013) Pengaruh On Street Parking terhadap Tingkat Palayanan Jalan (Studi Kasus: Jalan Dipatiukur ruas Simpang Dago sampai pertigaan jalan Multatuli Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Jalan Dipatiukur berfungsi sebagai jalan kolektor sekunder di Kota Bandung. Jalan Dipatiukur memotong Jalan Ir. H. Juanda di persimpangan Jalan Cikapayang dan di persimpangan Jalan Siliwangi (Simpang Dago). Guna lahan di sepanjang Jalan Dipatiukur awalnya merupakan perumahan penduduk, namun seiring berjalannya waktu guna lahan berubah menjadi mixed use seperti adanya perguruan tinggi, jasa travel, bank dan ATM, serta perdagangan dan jasa lainnya.On street parking banyak terdapat di sepanjang Jalan Dipatiukur khususnya dari Simpang Dago sampai pertigaan Jalan Multatuli. On street parking tidak hanya menggunakan bahu jalan tetapi juga menggunakan badan jalan, sehingga mengurangi kapasitas jalan. Pengurangan kapasitas Jalan Dipatiukur dari Simpang Dago sampai pertigaan Jalan Multatuli secara langsung akan mengurangi tingkat pelayanan jalan. Terlebih lagi tingginya volume lalu-lintas yang lewat di jalan ini. Kemacetan sering terjadi pada pagi, siang, maupun sore hari.Keberadaan on street parking memperlihatkan aktivitas yang ada di koridor Jalan Dipatiukur belum menyediakan off street parking yang memadai. Penggunaan on street parking motor maupun mobil di Jalan Dipatiukur lebih banyak pada siang hari dari pada malam hari. Hal ini terkait dengan operasional aktivitas yang menjadi tujuan pengguna on street parking. Untuk itu penting melihat pengaruh on street parking terhadap tingkat pelayanan Jalan Dipatiukur pada siang hari.Dari data volume lalu-lintas yang dikumpulkan pada hari Senin, VCR di Jalan Dipatiukur (ruas Simpang Dago sampai pertigaan Jalan Multatuli) adalah 0,85 atau setara dengan nilai D. Jika on street parking dihilangkan, maka kapasitas jalan menjadi 3.435 (smp/jam) yang semula adalah 2.180 (smp/jam), berarti ada peningkatan kapasitas jalan sebesar 57,56%. Dengan kapasitas jalan tanpa on street parking, VCR mencapai 0,54 atau setara dengan nilai B. Perubahan ini memperlihatkan bahwa on street parking memengaruhi tingkat pelayanan jalan di Jalan Dipatiukur (ruas Simpang Dago sampai pertigaan Jalan Multatuli).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pelayanan Jalan, On Street Parking, dan VCR
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item