Representasi Nasionalisme dalam Film Tanah Surga, Katanya (Studi Semiotik Roland Barthes Mengenai Representasi Nasionalisme dalam Film Tanah Surga,Katanya)

Popi Indriani, Nurul (2013) Representasi Nasionalisme dalam Film Tanah Surga, Katanya (Studi Semiotik Roland Barthes Mengenai Representasi Nasionalisme dalam Film Tanah Surga,Katanya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui nasionalisme yang terdapat dalam film Tanah Surga, Katanya, menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film Tanah Surga, Katanya yang berkaitan dengan nasionalisme yang terdiri dari makna denotatif, makna konotatif, mitos/ideologi menurut Roland Barthes.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka, wawancara dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan scene yang terdapat dalam film Tanah Surga, Katanya dengan mengambil enam scene.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan semiotik Barthes. Makna denotasi yang terdapat dalam scene Tanah Surga,Katanya menggambarkan setiap kata yang diucapkan mewakili pola pikir orang yang mengatakannya hingga simbol sebuah nasionalisme. Makna konotasi yang didapat ialah cinta yang berlebihan pada Negara nya, cinta bangsa dan Negara sebagai harga mati, sesuatu dimaknai berbeda karena tidak adanya kesamaan persepsi, rela berkorban demi harga diri Negara, lemahnya ketahanan Negara akan membuka peluang bagi Negara lain untuk menguasainya, serta yakin, bangga, dan tidak pernah menyerah demi bangsa. Sedangkan makna Mitos/Ideologi yang dapat diambil dikehidupan sekitar kita bahwa terdapatnya paham primordialisme,loyalitas dibayar dengan tangan hampa diartikan kepolosan semata, pembodohan Negara diakibatkan minimnya sebuah pendidikan, jiwa nasionalis merupakan benteng pertahanan diri, krisis ketahanan Negara yang berbanding tipis dengan krisis kepercayaan, dan usaha demi Negara menjadi tameng ambisi diri.Kesimpulan penelitian memperlihatkan pesan-pesan yang ada dalam film ini mempunyai maksud untuk membuka mata penontonnya untuk menyadari keadaan Negara nya serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme individu yang menontonnya.Peneliti memberikan saran bagi para sineas agar dapat membuat film dengan tema nasionalisme lebih banyak lagi serta untuk para penikmat film agar bisa lebih menghargai perfilman Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis, semiotik, film, nasionalisme, Indonesia, Barthes
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item View Item