Eksistensi Komunitas Cosplay Shinsen Gumi di Kota Bandung(Studi Deskriptif mengenai Eksistensi Komunitas Cosplay Shinsen Gumi di Kota Bandung)

Zakhrifa, Nijam (2013) Eksistensi Komunitas Cosplay Shinsen Gumi di Kota Bandung(Studi Deskriptif mengenai Eksistensi Komunitas Cosplay Shinsen Gumi di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Komunitas Cosplay Shinsen-Gumi di Kota Bandung. Eksistensi merupakan sebuah identitas dengan konteks komunikasi kelompok. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini : Kemampuan komunitas, perkembangan komunitas dan Pencitraan komunitas cosplay Shinsen-Gumi.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih denga teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 2 (dua) orang dari anggota komunitas cosplay Shinsen-Gumi, dan untuk memperjelas serta memperkuat data terdapat informan kunci yang berjumlah 1 (satu) orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam,dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online.Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kemampuan komunitas cosplay Shinsen-Gumi berawal dari sebuah hobi dan didorong oleh keinginan kuat serta imajinasi yang tinggi untuk dapat membuat sebuah kostum dan mempresentasikan diri mereka diatas panggung. Perkembangan pada setiap anggota komunitas dan juga perkembangan teknologi yang membantu proses terbentuknya eksistensi komunitas cosplay Shinsen-Gumi. Pencitraan menjadi langkah vital yang menentukan berhasil atau tidaknya citra yang dibangun.Kesimpulan eksistensi yang hendak dibentuk oleh komunitas cosplay Shinsen-Gumi berawal dari kemampuan para anggotanya untuk mempresentasikan diri dan dibantu oleh perkembangan yang terjadi pada setiap kegiatannya serta perkembangan teknologi sebagai media untuk membantu proses pencitraan sehingga mampu membangun citra positif di mata masyarakat dan meraih tujuan untuk membentuk sebuah eksistensi positif di masyarakat.Saran eksistensi tidak dapat dibentuk dalam waktu yang singkat,membutuhkan kesabaran untuk dapat membentuk sebuah eksistensi seperti yang diharapkan oleh karena itu dibutuhkan dedikasi yang tinggi dan juga pemanfaatan pada perkembangan yang terjadi pada dunia di sekeliling kita terutama perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Kemampuan, Perkembangan, Pencitraan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item