Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan Spare part serta Servis Motor pada Rajamandala Motor Bandung Barat

Nurrohamah, Santi (2013) Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan Spare part serta Servis Motor pada Rajamandala Motor Bandung Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

DEALER RAJAMANDALA MOTOR merupakan salah satu perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan sparepart, motor dan jasa bengkel yaitu Yamaha. Sistem yang berjalan pada DEALER RAJAMANDALA MOTOR belum sesuai dengan yang diharapkan karena diakhir periode dengan menggunakan Microsoft Office Excel. Tanpa rincian transaksi penjualan, pembelian, persediaan spare part serta pelayanan servis sangat bergantung pada bukti transaksi yang ada, jika terjadi ketidaklengkapan bukti transaksi, maka akan berakibat laporan servis, laporan pembelian dan laporan penjualan menjadi tidak akurat. Diperlukan sistem yang baru sehingga pada pengolahan data customer, transaksi penjualan, pembelian, pelayanan servis, hingga proses laporan kepada kepala Toko ditangani oleh sistem informasi ini. Sehingga sistem ini diharapkan dapat membantu efektifitas dan optimalisasi waktu pada seluruh proses bisnis yang berjalan serta dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada dan yang paling penting dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Maka metode pendekatan sistem yang diterapkan dalam perancangan penelitian ini yaitu metode analisis dan pemrograman berorientasi objek dengan Unified Modeling Language (UML). kemudian dilanjutkan dengan metode pengembangan sistem prototype yang didukung data melalui pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi.Guna mengatasi masalah tersebut, maka dibuat sistem informasi yang merupakan suatu sistem aplikasi terkomputerisasi yang mampu melakukan pengolahan data, transaksi penjualan pembelian, pelayanan servis serta persediaan spare part sehingga laporan servis, laporan pembelian dan laporan penjualan akan dijalankan secara otomatis oleh sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penjualan, Prototype, Sistem Informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25609

Actions (login required)

View Item View Item