Pengaruh risiko litigasi dan tingkat kesulitan keuangan perusahaan terhadap konservatisme akuntansi : (studi kasus pada Perusahaan Group Bakrie yang terdaftar di BEI)

Fitriana Utami, Rena (2013) Pengaruh risiko litigasi dan tingkat kesulitan keuangan perusahaan terhadap konservatisme akuntansi : (studi kasus pada Perusahaan Group Bakrie yang terdaftar di BEI).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penggunaan konservatisme akuntansi dalam pelaporan keuangan bertujuan untuk mengakui, mengukur dan melaporkan nilai aktiva dan pendapatan yang rendah, nilai yang tinggi untuk kewajiban dan beban. Dalam beberapa literatur teori akuntansi, hal ini sering disebut konsep pesimisme yang dianggap lebih baik dari pada optimisme yang berlebihan. Konsep pesimisme mengharuskan beban harus diakui segera dan pendapatan diakui setelah ada kepastian realisasi (recognition), sedangkan aktiva bersih cenderung di nilai dibawah harga pertukaran atau harga pasar sekarang dari pada harga perolehan (Hendriksen and Van Breda, 2000:63).Objek penelitian ini adalah risiko litigasi, tingkat kesulitan keuangan perusahaan dan konservatisme akuntansi pada Group Bakrie yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan laporan keuangan tahunan 2 perusahaan group bakrie yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005-2010 sebanyak 12 buah sampel.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Risiko litigasi berpengaruh positif signifikan terhadap konservatisme akuntansi, (2) Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap konservatisme akuntansi, (3) risiko litigasi dan tingkat kesulitan keuangan perusahaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi group bakrie yang terdaftar di Bursa efek Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Risiko Litigasi, dan Tingkat Kesulitan Keuangan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25629

Actions (login required)

View Item View Item