Pengaruh profesionalisme akuntan publik dan perilaku disfungsional akuntan publik terhada kualitas audit: (studi kasus pada Kantor Akuntans Publik di Bandung)

Lestary, Lena (2013) Pengaruh profesionalisme akuntan publik dan perilaku disfungsional akuntan publik terhada kualitas audit: (studi kasus pada Kantor Akuntans Publik di Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah membekukan izin beberapa Akuntan Publik (KAP) sebagai sanksi atas pelanggaran terhadap SPAP. Terdapat AP yang dinilai kurang profesional dan telah melakukan perilaku disfungsional yang mengakibatkan dirinya melanggar SPAP dan tidak terdeteksinya kecurangan yang dilakukan oleh pihak perusahaan, seperti dalam kasus PT WK. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh Profesionalisme Akuntan Publik dan Perilaku Disfungsional Akuntan Publik Terhadap Kualitas Audit.Objek dalam penelitian ini profesionalisme akuntan publik, perilaku disfungsional akuntan publik, dan kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu KAP di Bandung.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara profesionalisme dan kualitas audit yang bertanda positif, sedangkan perilaku disfungsional bertanda negatif. Profesionalisme akuntan publik dan perilaku disfungsional akuntan publik berpengaruh sebesar 62,1% sedangkan sisanya 37,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti fee audit, masa perikatan audit, due professional care, dan akuntabilitas. Profesionalisme dan perilaku disfungsional akuntan publik di Bandung sudah cukup baik, namun peneliti menyarankan agar para akuntan publik hendaknya meningkatkan kualitas audit, baik dengan mengikuti seminar, PPL, maupun mereview kinerja akuntan publik agar kualitas yang dihasilkan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : profesionalisme akuntan publik, perilaku disfungsional akuntan publik, kualitas audit.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25656

Actions (login required)

View Item View Item