Pengaruh biaya operasional terhadap pendapatan operasional dan net interest margin terhadap laba: (studi kasu pada PT.Bank Rakyat Indonesia Tbk)

Afandi, Kurnia (2013) Pengaruh biaya operasional terhadap pendapatan operasional dan net interest margin terhadap laba: (studi kasu pada PT.Bank Rakyat Indonesia Tbk).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laba memiliki peranan penting didalam perusahaan karena stabilitas dan pertumbuhannya adalah ringkasan indikator kinerja bank terbaik di masa lalu maupun di masa mendatang. Untuk mengetahui tingkat profitabilitas atau kemampuan perusahaan memperoleh laba, perusahaan dapat menggunakan rasio profitabilitas seperti BOPO dan NIM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh BOPO dan net interest margin (NIM) terhadap laba pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk periode 2003-2012.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik penentuan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dengan cara dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Laporan keuangan tahunan yang digunakan berasal dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk periode 2003-2012 sehingga terdapat 10 sampel. Pengujian statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji f dan uji t. Pengujian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian BOPO berpengaruh negatif terhadap laba dan net interest margin (NIM) berpengaruh positif terhadap laba. Dimana BOPO dan net interest margin (NIM) memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh signifikan terhadap laba pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional, Net Interest Margin, Laba.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25667

Actions (login required)

View Item View Item