Makna Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumetera Utara (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumatera Utara)

Tua Sinaga, Tawarikh (2015) Makna Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumetera Utara (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumatera Utara).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumatera Utara. Sub focus dari penelitian ini yaitu mengetahui makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos menurut Roland Barthes.Metode Penelitian ini kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Objek yang dianalisis adalah yang terdapat dalam Tugu Toga Sinaga.Hasil Penelitian makna denotatif pada Tugu Toga Sinaga merupakan simbol kebesaran dari marga sinaga, Parhatian Nasora Monggal Parninggalan Sibolatali, yang artinya bahwa marga sinaga itu tidak ada yang berat sebelah dan selalu adil. Makna konotatif bentuk Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumatera Utara merupakan salah satu aset warisan dari Toga Sinaga dan banyak masyarakat baik dari luar samosir yang datang hanya untuk berkunjung ke Tugu Toga Sinaga untuk melihat akan keunikan Tugu. Makna mitos simbol Tugu Toga Sinaga merupakan sebuah tempat bagi keturunan marga sinaga baik dimana pun, merupakan simbol yang mepersatukan seluruh marga sinaga.Kesimpulan yang dihasilkan berdasarkan hasil penelitian mengenai Makna Simbol Tugu Toga Sinaga memperlihatkan bahwa kebesaran dan kekuatan marga sinaga itu sangat besar, dengan mengujutkan sebuah tugu yang merupakan tempat pemersatu marga sinaga di mana pun berada.Saran untuk marga sinaga maka cintailah dan ketahui akan pentingnya simbol dari Tugu Toga Sinaga dan sebagai keturunan marga sinaga harus dapat mengerti akan makna dari setiap simbol pada tugu Toga Sinaga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Makna Simbol Tugu Toga Sinaga di Pulau Samosir Sumatera Utara, Semiotika, Roland Barthes.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item View Item