Perilaku Komunikasi Pelatih Dengan Murid Dalam Program Pendidikan Seni tari (Studi Deksriptif Mengenai perilaku Komunikasi Pelatih Dengan Murid Dalam program Pendidikan Seni Tari Di Sanggar Bali Githa Saraswati Jl. Dr. Otten No. 15 Bandung)

Munandar, Asmi (2015) Perilaku Komunikasi Pelatih Dengan Murid Dalam Program Pendidikan Seni tari (Studi Deksriptif Mengenai perilaku Komunikasi Pelatih Dengan Murid Dalam program Pendidikan Seni Tari Di Sanggar Bali Githa Saraswati Jl. Dr. Otten No. 15 Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi pelatih dengan murid dalam program pendidikan seni tari di sangar Bali Githa Saraswati. Menjelaskan perilaku komunikasi pelatih dengan murid dalam bentuk verbal, dan nonverbal yang melatarbelakanginya untuk melakukan perilaku komunikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Dimana peneliti dalam upaya memilih data, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Data yang diperoleh peneliti adalah dengan melalui studi lapangan melalui observasi nonpartisipan dan wawancara selain itu juga melalui studi literature, internet searching, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu perilaku komunikasi pelatih dengan murid dalam program pendidikan seni tari di sanggar Bali Gita Saraswati meliputi perilaku komunikasi verbal, dan nonverbal. Perilaku komunikasi verbal yang dilakukan dalam bentuk bahasa yang digunakan baik umum dan khusus, dilihat juga dari dialeg (logat), dan budaya atau disebut custom yang diartikan sebagai suatu kebiasaan berbahasa. perilaku komunikasi verbal pelatih dengan murid dalam program pendidikan seni tari dilakukan secara lisan dengan penggunaan bahasa, yaitu bahasa umum (Indonesia) dan khusus (Bali) seperti agem dan sledet. Bahasa tersebut digunakan bertujuan untuk mempermudah jalannya komunikasi antara pelatih dengan murid dalam penerapan program pendidikan seni tari, dan bahasa daerah Bali, untuk memudahkan murid dalam menghafal dan memahami nama atau istilah gerak tari Bali. Perilaku komunikasi nonverbal seperti warna dan busana yang digunakan, gesture, gerak isyarat, paralanguage, kinesics, diam, sentuhan, bunyi, bau, dan posture. Kesimpulan dalam penelitian pada perilaku komunikasi pelatih dengan murid akan memberikan hasil terhadap latihan untuk mencapai suatu tujuan dalam program pendidikan seni tari di sanggar Bali Githa Saraswati, seperti dalam penyampaian materi tari, menanyakan, dan menjawab sesuatu. Maka perilaku komunikasi pelatih dengan murid memiliki cara penyampaian yang berbeda dan pesan yang diterimapun tentunya berbeda satu sama lain. Dikarenakan Perilaku komunikasi pelatih dengan murid memiliki tujuan yang sama saling berbagi informasi, berkelompok dengan orang yang tepat, untuk memecahkan masalah bersama seputar tari dan bakatnya. Perilaku pelatih dengan murid pada intinya menanamkan norma-norma atau nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah tarian Bali seperti gerak, sikap, ekspresi, dan karakter untuk mencapai tujuan yang sama dalam melaksanakan program pendidikan seni tari. Saran peneliti untuk Sanggar Bali Githa Saraswati yaitu, ruang yang digunakan pelatih dengan murid, diperbesar agar dalam latihan tidak menganggu pada gesture, bau, dan paralanguage dan halaman juga bisa difungsikan sebagai tempat latihan. Pada ruang diberikan fasilitas berupa kipas angin agar sirkulasi pada ruang terasa nyaman dan fasilitas alat gemelan agar digunakan pada saat latihan tari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku komunikasi, komunikasi verbal, nonverbal, pendidikan seni tari.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25679

Actions (login required)

View Item View Item