Pengaruh internal audit dan sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal : (studi kasus pada Bank BUMN di Wilayah Bandung yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Anggraeni, Dewi (2013) Pengaruh internal audit dan sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal : (studi kasus pada Bank BUMN di Wilayah Bandung yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengendalian internal perlu dilakukan dalam meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik, untuk itu perusahaan perlu untuk meningkatkan pengendalian internal sehingga membutuhkan internal audit handal yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk mengelola kegiatan perusahaan. Selain internal audit, sistem informasi akuntansi bagian yang penting karena didalamnya mengandung unsur-unsur pengendalian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internal audit dan sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal.Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Internal audit, bagian sistem informasi dan Manajemen di kantor cabang bank BUMN di Bandung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sensus yaitu 4 kantor cabang Bank BUMN di Bandung dengan jumlah responden 37 orang. Untuk mengetahui pengaruh internal audit dan sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal maka dilakukan pengujian statistik menggunakan analisis korelasi, analisis regresi, dan untuk menguji hipotesis maka yang digunakan adalah uji t.Hasil penelitian menunjukan internal audit berpengaruh terhadap pengendalian internal sebesar 44,45%, sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap pengendalian internal sebesar 23,49%, dan hasil penelitian secara kuantitatif menunjukan besar pengaruh internal audit dan sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal sebesar 51,8 % dan sisanya sebesar 48,2 % dijelaskan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internal Audit, Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item View Item