Pengaruh dividend payout ratio (DPR) dan return on equity (ROE) terhadap price earning ratio (PER) : (studi kasus pada perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI periode 2006-2010)

Wulandari Sitorus, Ria (2013) Pengaruh dividend payout ratio (DPR) dan return on equity (ROE) terhadap price earning ratio (PER) : (studi kasus pada perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI periode 2006-2010).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan harga saham adalah salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan oleh investor dalam mengambil kebijakan melakukan investasi. Tahun 2010 pasar modal Indonesia tidak stabil akibat krisis BBM tahun 2009 sehingga PER menurun akibat nilai saham Sektor Otomotif menurun walaupun deviden yang dibagikan tinggi. Peneliti bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh DPR dan ROE terhadap PER pada Sektor Otomotif. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji hipotesa t dan F.Hasil penelitian, DPR memiliki hubungan positif yang rendah sebesar 14,36% dan berpengaruh signifikan terhadap PER. Selain itu, ROE juga memiliki hubungan positif yang kuat sebesar 47,61% dan berpengaruh signifikan terhadap PER. Hasil DPR dan ROE memiliki hubungan positif yang kuat sebesar 51,55% dan signifikan terhadap PER pada Sektor Otomotif.Kesimpulan, DPR bisa saja digunakan Sektor Otomotif dalam meningkatkan nilai PER akan tetapi dampaknya tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan ROE yang mempunyai pengaruh yang kuat terhadap PER. Saran penulis, Sektor Otomotif mampu membuat trobosan baru dalam menciptakan produk otomotif yang dapat menarik konsumen, membuka anak cabang baru untuk bisa lebih memperkenalkan produk ke konsumen. Sehingga mampu membuat kepercayaan investor meningkat dan berdampak positif untuk kenaikan nilai PER.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio, Return On Equity dan Price Earning Ratio
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25703

Actions (login required)

View Item View Item