Pengaruh Pesan Iklan Terhadap Sikap Mahasiswa Angkatan 2007/2008 Dalam Memutuskan Mengikuti Pendidikan di PTS UNIKOM Bandung

Handayani Rahma Wahdiniwaty, Trustorini (2013) Pengaruh Pesan Iklan Terhadap Sikap Mahasiswa Angkatan 2007/2008 Dalam Memutuskan Mengikuti Pendidikan di PTS UNIKOM Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan saat ini tidak saja terjadi pada dunia usaha tetapi juga terjadi pada dunia pendidikan. Demi keberlanjutan usaha pendidikan khususnya pada Perguruan Tinggi Swasta untuk dapat menjaring mahasiswa diperlukan usaha-usaha yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi Swasta tersebut. Saat ini persaingan di dunia pendidikan sangatlah tajam baik itu antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Perkembangan empat tahun terakhir sejak 2002/2003 keberadaan PTS cukup memprihatinkan sehingga sulit untuk berkembang, demikian pula yang dialami PTS untuk kondisi wilayah Jawa Barat dan Banten. UNIKOM Bandung sebagai PTS yang termasuk dalam kategori junior mengalami perkembangan pertambahan mahasiswa dari setiap periode (2001 �� 2007). Apa sebenarnya yang menjadi alasan masyarakat untuk memilih UNIKOM Bandung dalam menimba ilmu jika dilihat dari Pesan Iklan yang dilakukan oleh UNIKOM Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pesan Iklan dan sikap mahasiswa dalam memutuskan serta pengaruh Pesan Iklan Unikom terhadap sikap mahasiswa angkatan 2007/2008 dalam memutuskan mengikuti pendidikan di PTS Unikom Bandung. Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey dengan model jarum hipodermik. Populasi penelitian adalah mahasiswa Unikom Bandung angkatan 2007/2008. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan pengambilan sampel gugus bertahap, sebagai gugus pertama adalah fakultasfakultas yang terdiri dari 6 Fakultas, dan 23 Program Studi /jurusan sebagai gugus kedua, kemudian dihitung sampel dari masing-masing prodi/jurusan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner . Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang tersebar di tiap fakultas dan jurusan/prodi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan iklan memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap sikap mahasiswa angkatan 2007/2008 dalam memutuskan mengikuti pendidikan di PTS Unikom Bandung. Di dalam menjelaskan pesan iklan indikatorindikator isi pesan, struktur pesan dan format pesan, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator isi pesan yang paling dominan menjelaskan pesan iklan. Hal ini patut diakui karena ketika responden berbicara mengenai pesan iklan, atribut yang sering dikaitkan diantaranya adalah informasi yang menyajikan keunggulan-keunggulan Unikom dan biaya pendidikan di Unikom. Variabel sikap memutuskan sendiri yang memberikan kontribusi terbesar adalah indikator afeksi, diikuti oleh indikator konasi dan kognisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pesan Iklan, Sikap memutuskan, kognisi, afeksi dan konasi.
Subjects: Member > Ni Rakidhi@yahoo.com
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item View Item