Pengaruh penagihan pajak terhadap penerimaan pajak dan implikasinya pada pertumbuhan ekonomi : (studi kasus di kantor wilayah Jawa Barat I )

Yudiawati, Ayu (2013) Pengaruh penagihan pajak terhadap penerimaan pajak dan implikasinya pada pertumbuhan ekonomi : (studi kasus di kantor wilayah Jawa Barat I ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Suatu Negara dikatakan maju apabila pertumbuhan ekonomi di negara tersebut tumbuh atau mengalami peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya Produk Domestik Bruto. Peningkatan Produk Domestik Bruto diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak karena sektor pajak sangat berperan penting bagi perekonomian suatu negara. Penerimaan pajak dijadikan sebagai pendapatan negara bagi pemerintah untuk menunjang perekonomian. Jumlah Penerimaan pajak yang tinggi sangat diharapkan bagi pemerintah, namun hal itu tidak lepas dari bagaimana cara fiskus dalam melakukan penagihan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penagihan pajak terhadap penerimaan pajak dan seberapa besar pengaruh penerimaan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi pada Kantor Wilayah Jawa Barat 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran variabel penagihan pajak, penerimaan pajak dan pertumbuhan ekonomi. Sedangkan metode verifikatif digunakan untuk mengetahui seberapa besar pegaruh penagihan pajak terhadap penerimaan pajak dan seberapa besar pengaruh penerimaan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi jalur, analisis jalur, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan software SPSS 20.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penagihan pajak berpengaruh secara langsung terhadap penerimaan pajak dan juga penerimaan pajak berpengaruh secara langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penagihan Pajak, Penerimaan Pajak, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25851

Actions (login required)

View Item View Item