Evaluasi tata kelola teknologi informasi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Indramayu menggunakan Cobit 5 Framework

Nurhakiky Npm, Kiky (2015) Evaluasi tata kelola teknologi informasi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Indramayu menggunakan Cobit 5 Framework.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tata kelola teknologi informasi (TI) pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu belum dilakukan evaluasi sehingga tidak diketahui tingkat kapabilitas tata kelola TI pada bisnis proses saat ini. Untuk mengetahui tingkat kapabilitas tata kelola TI perlu dilakukan pengukuran sehingga dapat disusun langkah-langkah untuk mengoptimalkan penggunaan tata kelola TI. Evaluasi tata kelola teknologi informasi dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT (Control Objective For Information and Related Technology) versi 5.0 dengan fokus pada proses APO07 (Manage Human Resources), APO11 (Manage Quality), BAI04 (Manage Availability and Capacity), DSS04 (Manage Continuity) dan EDM01 (Ensure Governance Framework setting and maintenance). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kapabilitas tata kelola TI untuk proses APO07 berada pada level 1; untuk proses APO11 berada pada level 1; untuk proses BAI04 berada pada level 1; untuk proses DSS04 berada pada level 0; dan untuk proses EDM01 berada pada level 2. Agar dapat mencapai level 3 seperti yang diharapkan maka SOP (Standard Operating Procedure) yang ada saat ini disarankan direvisi agar alur proses didalamnya sesuai dengan ketentuan proses-proses terkait pada COBIT 5.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tata kelola, teknologi informasi, BKD Kabupaten Indramayu, Cobit 5 , tingkat kapabilitas
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25880

Actions (login required)

View Item View Item