Analisis Efisiensi Kinerja Operasional Bank Dengan Menggunakan Rasio Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional Pada Bank Mandiri Syariah KCP Bandung

Tri Septiani, Dwi (2013) Analisis Efisiensi Kinerja Operasional Bank Dengan Menggunakan Rasio Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional Pada Bank Mandiri Syariah KCP Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Bank Syariah Mandiri KCP Braga Bandung. Di era globalisasi seperti saat ini semua perusahaan termasuk dunia perbankan turut andil dalam pembangunan ekonomi bangsa. Pembangunan ekonomi di dunia perbankan tersebut salah satunya dengan menjamurnya bank yang menganut hukum islam atau lebih sering dikenal juga dengan Bank Syariah. Fenomena yang sering terjadi pada Bank Syariah khususnya Bank Syariah Mandiri KCP Braga Bandung selain kurang diminati nasabah dibandingkan dengan Bank Konvesionalnya adalah adanya kenaikan prosentase BOPO yang dikategorikan inefisiensi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengukuran prosentase BOPO dari tahun 2005-2012, perkembangan BOPO tersebut serta untuk mengetahui solusi/kendala yang dihadapi Bank Syariah Mandiri dalam rangka mempertahankan tingkat efisiensi BOPO BSM tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan analisis efisiensi kinerja operasional bank dapat diketahui bahwa tingkat prosentase BOPO di Bank Syariah Mandiri KCP Braga Bandung mengalami peningkatan pada beberapa tahunnya yang dikategorikan inefisiensi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase BOPO pada Bank Syariah Mandiri KCP Braga Bandung cenderung mengalami peningkatan prosentase BOPO, peningkatan prosentase BOPO pada tahun-tahun tertentu digolongkan inefisiensi.Tingkat prosentase BOPO mengalami peningkatan disebabkan oleh kurangnya strategi marketing sehingga dibutuhkan dana dari penyisihan kerugian di tahun lalu., serta keputusan pemerintah yang memberikan keleluasaan Bank Konvensional membuka Unit Usaha Syariah guna meningkatkan mutu perbankan berbasis syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, BOPO.
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item