Pengaruh rasio utang dan perputaran persediaan terhadap return on assets (ROA) : (studi kasus pada perusahaan tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Megasari, Restu (2013) Pengaruh rasio utang dan perputaran persediaan terhadap return on assets (ROA) : (studi kasus pada perusahaan tekstil yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada kasus di perusahaan tekstil yang terdaftar di BEI dimana mengalami lemahnya kinerja ditandai dengan Return on Assets (ROA) yang masih membukukan angka negatif disebabkan karena rasio utang yang tinggi melebihi setengah dari total pendanaan untuk membiayai aset sehingga menurunkan laba melalui peningkatan beban bunga, selain itu tingkat perputaran persediaan yang lambat tercermin melalui rendahnya penjualan menjadi penyebab kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Rasio Utang dan Perputaran Persediaan terhadap ROA pada perusahaan tekstil yang terdaftar di BEI.Objek dalam penelitian ini adalah Rasio Utang, Perputaran Persediaan, dan ROA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam sektor tekstil yang terdaftar di BEI periode 2009-2012. Sedangkan sampel yang digunakan sebagai objek penelitian yaitu sebanyak delapan perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rasio Utang dan Peputaran Persediaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap ROA. Pada pengujian secara masing-masing diperoleh hasil Rasio Utang berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA dan Perputaran Persediaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Utang, Perputaran Persediaan, Return on Assets
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25912

Actions (login required)

View Item View Item