Analisis Sikap Mahasiswa Dalam Memutuskan Memilih Pts Sebagai Dampak Dari Sumber Komunikasi (Studi Pada Mahasiswa Unikom Angkatan 2007/2008)

Handayani, Trustorini (2013) Analisis Sikap Mahasiswa Dalam Memutuskan Memilih Pts Sebagai Dampak Dari Sumber Komunikasi (Studi Pada Mahasiswa Unikom Angkatan 2007/2008).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sikap mahasiswa dalam memutuskan memilih PTS UNIKOM Bandung, suatu studi kasus pada mahasiswa UNIKOM Angkatan 2007/2008, sebagai dampak dari Sumber komunikasi dalam hal ini adalah Unikom. mengingat pada perkembangannya sejak berdiri pada tahun 2000, Unikom selalu diminati calon mahasiswa. Penelitian ini bersifat verifikatif maka metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory survey.Analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa UNIKOM Bandung angkatan 2007/2008. Teknik Sampling yang digunakan yaitu Cluster Sampling denga pengambilan sampel gugus bertahap, sebagai gugus pertama adalah fakultas-fakultas yang terdiri dari 6 Fakultas, dan 23 Program Studi /jurusan sebagai gugus kedua, kemudian dihitung sampel dari masing-masing prodi/jurusan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner . Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang tersebar di tiap fakultas dan jurusan/prodi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaSumber komunikasi memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap sikap mahasiswa angkatan 2007/2008 dalam memutuskan mengikuti pendidikan di PTS Unikom Bandung. Sumber/komunikator sendiri dijelaskan oleh indikator kredibilitas, daya tarik dan kekuatan. Dari ketiga indikator yang menjelaskan sumber/komunikator, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kredibilitas yang paling dominan khususnya pada atribut status lembaga terakreditasi.Untuk sikap yang dijelaskan oleh kognisi, afeksi dan konasi, hasil penelitian menunjukkan yang paling dominan adalah afeksi.dan yang paling rendah yang menjelaskan sikap adalah kognisi sedangkan untuk konasi lebih tinggi nilainya dibandingkan kognisi dalam menjelaskan sikap mahasiswa Angkatan 2007/2008 dalam memutuskan memilih PTS UNIKOM Bandung .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap, afeksi, konasi, kognisi, sumberkomunikasi
Subjects: Member > Ni Rakidhi@yahoo.com
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25963

Actions (login required)

View Item View Item