Analisi Biaya Dana (Cost of Loanable Funds) Berdasarkan Metode Rata-Rata Tertimbang Pada PT. Bank Negara Indonesia Kantor Layanan Jatinangor

Sari, Monika (2013) Analisi Biaya Dana (Cost of Loanable Funds) Berdasarkan Metode Rata-Rata Tertimbang Pada PT. Bank Negara Indonesia Kantor Layanan Jatinangor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Biaya dana dikeluarkan oleh bank untuk setiap dana yang dihimpunnya dalam bentuk simpanan baik rekening giro, deposito, dan tabungan. Penelitian ini dilakukan pada Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Layanan Jatinangor. Fenomena yang terjadi adalah menurunnya dana deposito pada tahun 2010 yang berpengaruh terhadap biaya dana yang dikeluarkan bank.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan dana pihak ketiga, dan untuk mengetahui analisis perkembangan biaya dana cost of loanable funds berdasarkan metode rata-rata tertimbang pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk periode 2008-2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa puncak tingginya biaya dana (cost of loanable funds) periode 2008-2012 tidak hanya dari faktor dana deposito yang menurun, tetapi ada faktor lain yaitu tingkat bunga dan giro wajib minimum. Hal tersebut disebabkan tingkat suku bunga deposito pada tahun tersebut mengalami penurunan sehingga minat masyarakat untuk menyimpan dana dalam bentuk simpanan deposito berkurang dan adanya perubahan tingkat GWM 5% menjadi 8% pada tahun 2010.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Biaya Dana, Cost Of Loanable Funds, Metode Rata-rata Tertimbang
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25967

Actions (login required)

View Item View Item