Analisis Perencanaan Pengendalian Persediaan Komponen Tiang Listrik Besi Tipe 9 Meter Dengan Model Gabungan Economic Order Quantity dan Just In Timed PT.PLN (PERSERO) Pusharlis Unit Workshop dan Pemeliharaan III- Bandung

Ginanjar, Usep (2013) Analisis Perencanaan Pengendalian Persediaan Komponen Tiang Listrik Besi Tipe 9 Meter Dengan Model Gabungan Economic Order Quantity dan Just In Timed PT.PLN (PERSERO) Pusharlis Unit Workshop dan Pemeliharaan III- Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. PLN (Persero) Pusharlis Unit Workshop dan Pemeliharaan III �� Bandung merupakan perusahaan jasa dan produksi yang bergerak dalam bidang Assembly, salah satu produk yang dihasilkan yaitu produk Tiang Listrik Besi. Tiang Listrik Besi Tipe 9 Meter terdiri dari berbagai jenis komponen. Perusahaan yang berproduksi dengan sistem make to stock. Saat ini, penentuan volume produksi dibuat berdasarkan keputusan manajer produksi. Akan tetapi perusahaan sering terjadi kendala yaitu permintaan yang tidak terpenuhi samapi 5%. Untuk itu sangat diharuskan untuk melakukan peramalan kuantitatif sesuai dengan pola data dengan trend, sehingga dapat memperoleh jumlah estimasi yang tepat.Inti dari perencanaan dan pengendalian persedian komponen dengan model gabungan Economic Order Quantity dan Just In Time adalah dapat dilakukan optimisasi Total Inventory Cost dengan persoalan beberapa jumlah komponen dan kapan komponen dipesan. Maka dalam Tugas Akhir ini akan menganalisis dengan menggunakan gabungan metode persediaan komponen.Metode Economic Order Quantity(EOQ) digunkan untuk menentukan berapa jumlah pemesanan yang ekonomis dan total biaya yang dikeluarkan yaitu QEOQ dan TEOQ lalu digabung dengan Just In Time sehinggga dapat menentukan jumlah pemesanan yang ekonomis untuk setiap kali pemesanan dengan frekuensi pemesanan yang lebih sering, dengan total inventory paling kecil (zero Inventory). Serta memanfatkan kemampuan pemasok bahan baku (supplier) dari gudang bahan baku untuk menyerahkan pesanan pada proses produksi tepat pada saat dibutuhkan dan pada tingkat yang dibutuhkan saja.Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanan persediaan komponen yang optimal dengan penerapan model gabungan Economic Order Quantity (EOQ) dan Just In Time (JIT/EOQ) yaitu Rp215.018.217,- sebagai rencana kebutuhan komponen pengiriman berdasarkan jumlah kanban (N), rencana kebutuhan kebutuhan komponen dengan model gabungan (JIT/EOQ) berdasarkan jumlah kanban (N) jauh lebih optimal. Untuk menjamin kelangsungan produksi, maka perusahaan perlu memperbaiki sistem persediaan komponen. Hasil ini dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam perencanaan produksinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peramalan (Forecasting), Economic Order Quantity (EOQ), Model Gabungan (JIT/EOQ), Kanban.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25980

Actions (login required)

View Item View Item