Evaluasi tata kelola teknologi informasi di Dishubkominfo Kabupaten Cianjur menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 berdasarkan perspektif keamanan

Firmansyah, Budi (2015) Evaluasi tata kelola teknologi informasi di Dishubkominfo Kabupaten Cianjur menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 berdasarkan perspektif keamanan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dengan berkembangnya pengguna Teknologi Informasi (TI) oleh sektor publik, organisasi-organisasi pemerintah, maka tata kelola TI menjadi suatu hal yang perlu ditetapkan sehingga organisasi mengharapkan dengan adanya Teknologi Informasi ini bisa memberikan manfaat bagi organisasi didalam mewujudkan strategi bisnis organisasi. Dengan pemanfaatan TI dan perubahan-perubahan yang terjadi di aspek proses bisnis dan sumber daya manusia menimbulkan banyak dampak postif dan negatif, dampak negatif seperti risiko keamanan informasi menuntut suatu organisasi mengubah kebijakan dan prosedur kerja agar organisasi dapat mengelola TI pada peningkatan kinerja. Penelitian ini dilakukan di Dishubkominfo Kabupaten Cianjur dimana pada saat ini belum terdapatnya pengelolaan TI seperti mengukur kinerja TI, manajemen keamanan, dan bentuk perencanaan evaluasi mengenai pelanggaran keamanan TI. Model audit tata kelola ini akan menggunakan Cobit 4.1 pada proses DS5 (memastikan keamanan sistem) ini akan mengukur tingkat keamanan sistem TI, dengan adanya perancangan tata kelola TI sehingga akan didapatkan tingkat kematangan dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan keamanan sistem TI di Dishubkominfo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, Teknologi Informasi, Keamanan, COBIT 4.1, Dishubkominfo Kabupaten Cianjur.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26007

Actions (login required)

View Item View Item