Pengaruh penyajian neracara daerah dan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan daerah : (studi kasus pada Dinas SKPD Pemerintah Kota Bandung)

Metta Silany, Surya (2013) Pengaruh penyajian neracara daerah dan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan daerah : (studi kasus pada Dinas SKPD Pemerintah Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas SKPD Pemerintah Kota Bandung. Fenomena yang terjadi adalah pencatatan asset dan kewajiban yang masih kurang diperhatikan serta pengawasan yang masih lemah dalam hal lingkungan pengendalian sehingga akuntabilitas keuangan daerah menurun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh penyajian neraca dan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan daerah baik secara parsial maupun simultan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Penelitian ini dilakukan di 17 Dinas Pemerintah Daerah Kota Bandung. Pengujian statistik yang digunakan adalah korelasi pearson, metode alternatif partial least square, pengujian hipotesis dan menggunakan aplikasi software SmartPLS 2.0 .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian neraca daerah secara parsial memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap akuntabilitas keuangan daerah dan pengawasan intern secara parsial memberikan pengaruh yang kuat terhadap akuntabilitas keuangan daerah. Secara simultan penyajian neraca daerah dan pengawasan intern memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap akuntabilitas keuangan daerah dengan arah yang positif artinya jika penyajian neraca daerah dan pengawasan intern meningkat maka akuntabilitas akan mengalami peningkatan dan juga sebaliknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penyajian Neraca Daerah, Pengawasan Intern, Akuntabilitas Keuangan Daerah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26008

Actions (login required)

View Item View Item