Sistem monitoring penggunaan dana petunjuk operasional kegiatan (POK) Bidang Pengaturan dan Penataan Pertanahan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi Jawa Barat

Fitrianingsih, (2013) Sistem monitoring penggunaan dana petunjuk operasional kegiatan (POK) Bidang Pengaturan dan Penataan Pertanahan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah Lembaga Pemerintah Non- Departemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dan dipimpin oleh Kepala BPN. BPN memiliki beberapa bidang yang di setiap bidang memiliki banyak kegiatan dan kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Kepala Bidang. Ketika kegiatan berlangsung dana yang digunakan adalah dana dari masing��masing anggota pelaksana kegiatan. Permasalahan yang saat ini ada pada Bidang Pengaturan dan Penataan Pertanahan (PPP) ini yaitu sulitnya Kepala Bidang PPP dalam mengawasi penggunaan dana operasi kegiatan, sulitnya Kepala Bidang PPP dalam melihat tingkat keberhasilan dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, sulitnya Kepala Bidang PPP untuk mengetahui jumlah dana kegiatan yang telah dicairkan oleh Menteri Keuangan dan sulitnya Bendahara Bidang PPP dalam rekapitulasi POK, laporan triwulan dan laporan akhir. Pendekatan untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan, maka perlu dibangun sebuah sistem monitoring penggunaan dana petunjuk operasional kegiatan (POK) berbasis web yang dapat mempermudah Kepala Bidang dalam mengawasi penggunaan dana operasi kegiatan, tingkat keberhasilan dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, mempermudah Kepala Bidang PPP untuk mengetahui jumlah dana kegiatan yang telah dicairkan oleh Menteri Keuangan dan mempermudah Bendahara Bidang PPP dalam rekapitulasi POK, laporan triwulan dan laporan akhir sehingga dapat mencegah adanya penyelewengan dana kegiatan pada bidang PPP. Perangkat lunak yang dibangun menggunakan konsep dashboard sebagai model untuk menampilkan hasil dari monitoring.Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan strategi black box dan pengujian beta, maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat mempermudah Kepala Bidang dalam mengawasi penggunaan dana operasi kegiatan, mengawasi tingkat keberhasilan dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, mengawasi jumlah dana kegiatan yang telah dicairkan oleh Menteri Keuangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem, Monitoring, Badan, Pertanahan, Nasional, BPN, Laporan Triwulan, Akhir.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26026

Actions (login required)

View Item View Item