Pembangunan aplikasi steganograft pada citra digital menggunakan metode pixel value differencing (PVD) dan algoritma Rijndael untuk keamanan data

Setiawan, Rahmat (2013) Pembangunan aplikasi steganograft pada citra digital menggunakan metode pixel value differencing (PVD) dan algoritma Rijndael untuk keamanan data.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Steganografi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengamankan informasi. Steganografi yaitu menyembunyikan informasi atau pesan kedalam media lain seperti citra digital, teks, suara atau video sehingga tidak menimbulkan kecurigaan orang lain. Metode steganografi yang banyak digunakan saat ini masih mempunyai kekurangan dalam hal kualitas, kapasitas, dan ketahanan. Oleh karena itu dibutuhkan metode steganografi lain yang lebih baik lagi, dan untuk menambah keamanan pada informasi, steganografi dapat dikombinasikan dengan kriptografi.Metode steganografi yang digunakan yaitu metode pixel value differencing (PVD). Metode ini dapat menyisipkan pesan lebih banyak pada pixel yang memilik nilai kekontrasan tinggi. Untuk menambah tingkat keamanan dari informasi yang akan disisipkan kedalam citra, digunakan kriptografi. Teknik kriptografi yang digunakan yaitu algoritma rijndael. Rijndael merupakan algoritma yang digunakan sebagai standar kriptografi. Penelitian yang dilakukan yaitu mengkombinasikan steganografi dengan kriptografi pada citra digital. Kemudian dilakukan pengujian terhadap metode steganografi yang digunakan untuk mengetahui kapasitas citra, performansi dari metode pixel value differencing (PVD), kualitas citra yang dihasilkan, dan ketahanan pesan terhadap manipulasi citra dan steganalysis.Berdasarkan hasil pengujian didapat kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pixel value differencing (PVD), kapasitas citra untuk menyisipkan pesan, lebih kecil dari ukuran citranya, waktu proses pada metode ini cukup cepat, kualitas citra setelah disisipi pesan mempunyai kualitas yang baik, namun metode ini juga masih mempunyai kekurangan, karena tidak tahan terhadap manipulasi dan pada beberapa citra masih terdeteksi oleh aplikasi steganalysis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Steganografi, Kriptografi, pixel value differencing (PVD), Rijndael, Citra digital
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26032

Actions (login required)

View Item View Item