Impelementasi sensor accelerometer gyroscope dan magnetometer berbasis mikrokontroler untuk menampilkan posisi benda menggunakan inertial navigation system (INS)

Aditya Pramana, Yuga (2013) Impelementasi sensor accelerometer gyroscope dan magnetometer berbasis mikrokontroler untuk menampilkan posisi benda menggunakan inertial navigation system (INS).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sensor adalah jenis tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Perkembangan teknologi MEMS (Micro Electro Mechanical System) sensor dapat digunakan dalam Inertial Navigation System (INS). INS adalah sebuah sistem navigasi yang berbasis komputer dan beberapa keluaran dari sensor Inertial Measurement Unit (IMU). Sistem navigasi ini digunakan dalam Attitude and Heading Reference System (AHRS) untuk mengetahui informasi dan visualisasi seperti kecepatan, ketinggian, arah dan sudut, contohnya dalam teknologi avionik dan kendaraan tanpa awak. Informasi dan visualisasi tersebut sangatlah penting karena ada kondisi-kondisi tertentu saat indera perasa manusia mengalami salah persepsi dalam penerbangan sehingga sangat tidak mungkin untuk mengandalkan indera perasa manusia sebagai alat bantu navigasi penerbangan. Untuk dapat membantu hal tersebut, terdapat beberapa sensor yang dapat digunakan dalam sistem navigasi diantaranya yaitu sensor accelerometer, gyroscope dan magnetometer. Sensor tersebut dapat mengukur percepatan, kecepatan sudut, dan kekuatan atau arah medan magnet. Pada penelitian ini sensor IMU yang digunakan adalah Razor-IMU 9DoF, dimana sensor tesebut memiliki 9 derajat kebebasan. Data keluaran dari sensor tersebut akan menghasilkan sudut roll, pitch dan yaw berdasarkan dari komputasi algortima Direct Cosine Matrix.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inertial Navigation System (INS), Inertial Measurement Unit (IMU), Direct Cosine Matrix, Razor-IMU 9DoF
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item