Membangun e-learning di SMA Bina Dharma 2 Bandung

Damayanti, Wahyuni (2013) Membangun e-learning di SMA Bina Dharma 2 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem pembelajaran yang berlangsung di SMA Bina Dharma 2 Bandung hanya terjadi di dalam ruangan kelas dengan sistem pembelajaran secara terpusat. Keterbatasan waktu di sekolah menjadi salah satu pemicu kurang maksimalnya pemberian materi terutama saat guru berhalangan hadir, kurangnya komunikasi antara siswa dan guru dalam mendiskusikan materi pelajaran, penyampaian materi pelajaran yang disampaikan guru pada umumnya kurang menarik perhatian siswa sehingga timbulnya kejenuhan dalam proses belajar. Oleh karena itu, untuk membantu menyelesaikan kendala tersebut dibangunlah sebuah e-learning berbasis website, dengan menerapkan metode pembelajaran kolaborasi (collaborative learning) yang bertujuan untuk memudahkan guru menyampaikan materi, menyediakan kelompok belajar untuk membantu memfasilitasi proses belajar siswa, mempermudah siswa dan guru untuk berkomunikasi didalam suatu forum, dan menyediakan penyampaian materi pelajaran yang lebih interaktif.Pengembangan aplikasi e-learning dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Data diperoleh dengan cara melakukan studi literatur dan studi lapangan dengan menganalisis kebutuhan dalam perancangan dan pembangunan aplikasinya. Model analisis perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan analisis terstruktur. Alat (tools) yang digunakan adalah DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram) dan Flow Map.Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan dua langkah, yaitu : (1) pengujian alpha, yang dilakukan untuk melihat apakah setiap proses berjalan sesuai dengan fungsinya dan (2) pengujian beta, yang dilakukan untuk melihat respon pengguna (siswa SMA Bina Dharma 2 Bandung) terhadap kelayakan aplikasi tersebut.Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta terhadap e-learning pada SMA Bina Dhama 2 Bandung, kesimpulannya adalah sistem dinilai sudah cukup baik dalam membantu memaksimalkan guru dalam memberikan materi, menyediakan kelompok belajar untuk membantu memfasilitasi proses belajar siswa, membantu siswa untuk mendapatkan dan memahami materi pelajaran, dan mempermudah guru dan siswa untuk berkomunikasi didalam suatu forum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-learning, Collaborative Learning, SMA Bina Dharma 2 Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26054

Actions (login required)

View Item View Item