Identifikasi karakteristik kawasan kumuh di Soc Caicoli Dili, Timor-Leste sebagai masukan bagi upaya revitalisasi kawasan tersebut

Maria Da Gloria Lemos Soares, Margarida (2013) Identifikasi karakteristik kawasan kumuh di Soc Caicoli Dili, Timor-Leste sebagai masukan bagi upaya revitalisasi kawasan tersebut.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Suco Caicoli Dili Timor �� Leste adalah Sub-distrik Vera Cruz yang merupakan salah satu daerah yang berada di pusat Kota Dili. Pada masa Pemerintahan Indonesia, zona Vera Cuz khususnya di Suco Caicoli merupakan kawasan permukiman padat yang dihuni oleh penduduk transmigran dari Jawa dan sekitarnya. Namun, pada saat referendum di tahun 1999 diluar dugaan terjadi kerusuhan yang menyebabkan rumah-rumah di Suco Caicoli sebagian besar dibakar dan dihancurkan, selain rumah, sarana dan utilitas pelayanan semua menjadi rusak. Selama masa peralihan sebagian besar rumah dalam kondisi yang cukup memperhatinkan, ditambah dengan tidak tertatanya permukiman yang baik, kondisi drainase masih belum memadai, jalan masuk ke permukiman penduduk masih berupa tanah dan bebatuan. Oleh karena itu lingkungan permukiman di Suco Caicoli tergolong sebagai permukiman kumuh.Untuk memperbaiki kondisi ini, maka Pemerintah Timor-Leste melalui dukungan dari UNDP/ UN Habitat telah merumuskan Dokumen Kebijakan Rumah Nasional yang telah disepakati oleh Dewan Kementerian pada bulan Agustus 2007. Namun, sampai saat ini realisasi kebijakan yang telah ada belum sepenuhnya dijalankan ataupun diterapkan pada semua wilayah termasuk wilayah studi Suco Caicoli.Oleh karena itu dilakukan studi ini dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik wilayah sehingga dapat mengetahui permasalahan yang ada dan memberikan arahan peremajaan permukiman melalui usulan penerapan konsep peremajaan yang sesuai dengan karakteristrik wilayah studi. Adapun beberapa konsep peremajaan yang diusulkan dalam penataan kawasan permukiman Suco Caicoli antara lain konsep gentrifikasi, preservasi, rehabilitasi dan konservasi. Dengan demikian melalui hasil studi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan permukiman sehingga selain tertata dan layak huni, wilayah Suco Caicoli yang berada di pusat Kota Dili ini dapat menjadi daya tarik tersediri baik bagi penghuninya maupun bagi pendatang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Wilayah kumuh, kota
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item View Item