Tinjauan Atas Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Piutang Pada Koperasi Pegawai Dinas Pertanian Tanaman Pangan provinsi Jawa Barat

Isna Nugraha, Nizar (2016) Tinjauan Atas Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Piutang Pada Koperasi Pegawai Dinas Pertanian Tanaman Pangan provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem akuntansi penerimaan kas yang baik harus diterapkan pada Koperasi, karena kas merupakan aktiva lancar yang mempunyai sifat paling liquid dan mudah dipindah tangankan. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi penyalahgunaan dana dari penerimaan kas. Fenomena yang terjadi di Koperasi Pegawai Dewi Sri yaitu terdapat perangkapan fungsi yakni antara fungsi penerimaan kas dan fungsi akuntansi sama-sama dilakukan oleh satu orang. Selain itu, dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi penerimaan kas khususnya dari piutang pada Koperasi Pegawai Dewi Sri masih sederhana, perlu adanya pengembangan dokumen yang dilakukan pihak Koperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan studi lapangan yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. menunjukan bahwa sistem akuntansi penerimaan kas dari piutang pada Koperasi Pegawai Dewi Sri sudah cukup baik, namun terdapat kelemahan pada fungsi penerimaan kas yang seharusnya dilakukan oleh fungsi penerimaan kas akan tetapi dilakukan oleh fungsi akuntansi. Saran yang dapat diberikan yakni perlu adanya penambahan fungsi yakni fungsi penerimaan kas, serta perlu adanya pengembangan dokumen agar memperkecil resiko kerugian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi, Penerimaan Kas, Piutang
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26071

Actions (login required)

View Item View Item