Sistem monitoring layanan purna jual di PT.Kahar Duta Sarana

Yusuf Sulaiman, Mochammad (2013) Sistem monitoring layanan purna jual di PT.Kahar Duta Sarana. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT.Kahar Duta Sarana (KDS) merupakan perusahaan pemimpin pasar dalam penyedia perangkat kebutuhan retail seperti aplikasi penjualan retail, mesin POS (point of sale), checkpoint, barcode printer, label dan perangkat pendukung retail lainya. Setiap produk yang terjual selalu disertakan garansi 1 tahun sebagai jaminan kualitas produk dan menyediakan jasa maintenance contract sebagai bukti tanggung jawab terhadap barang yang dijual.Perusahaan memberikan nilai jual lebih kepada konsumen dengan meningkatkan layanan purna jual. Dalam meningkatkan layanan purna jual perusahaan membuat SLA (Service Level Agreement) sebagai standar parameter layanan yang disepakati dengan pihak konsumen dan supervisi customer service sabagai panduan supervisor customer service untuk meningkatkan layanan purna jual. Dalam supervisi ada dua hal yang menjadi perhatian yaitu waktu respon perbaikan dan produktifitas customer service.Supervisor customer service sebagai kepala bagian layanan purna jual kesulitan dalam menentukan waktu respon perbaikan dan pembuatan laporan produktifitas customer service masih dibuat secara konvensional oleh masing-masing customer service mengakibatkan terkadang laporan produktifitas customer service tidak sesuai dengan apa adanya, sehingga manajer sulit untuk menilai dan memperbaiki kinerja layanan.Perusahaan memerlukan suatu sistem yang dapat mengimplementasikan SLA (Service Level Agreement) dan supervisi customer service, sistem yang dibangun akan memudahkan supervisor customer service dalam layanan purna jual terutama memantau waktu respon perbaikan ,membuat laporan produktifitas dan membantu manajer dalam mengukur, menilai dan memperbaiki kinerja layanan purna jual dengan laporan yang dihasilkan oleh sistem. Hasil penelitian memperlihatkan sistem dapat mengimplementasikan kebutuhan setiap user diantaranya sistem dapat menghitung lama layanan setiap perbaikan, menghitung produktifitas customer service dan menghasilkan laporan layanan purna jual yang dibutuhkan manajer untuk mengukur, menilia dan memperbaiki layanan purna jual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: monitoring, layanan purna jual, SLA (Service Level Agreement), supervisi customer service, PT.Kahar Duta Sarana
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26082

Actions (login required)

View Item View Item