Pengenalan anatomi dan fisiologi dasar manusia melalui game edukasi save Ana and Tomi

Saeful Mustofa, Achmad (2013) Pengenalan anatomi dan fisiologi dasar manusia melalui game edukasi save Ana and Tomi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Anatomi adalah salah satu cabang dari ilmu kesehatan. Dalam perkembangannya ilmu anatomi saat ini sudah menjadi bagian dari pendidikan dasar. Dengan tujuan untuk memperkenalkan khususnya kepada anak-anak apa itu anatomi manusia sebenarnya. Kurangnya pengenalan dan pemahaman merupakan kendala yang sering dijumpai dalam pembelajaran anatomi dan fisiologi dasar manusia khususnya bagi anak-anak, sehingga berdampak menurunnya minat dalam mempelajari ilmu ini, Virvou mengemukakan bahwa teknologi game (edukasi) dapat memotivasi pembelajaran dengan melibatkan pemain sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan membangun game edukasi sebagai sarana alternatif pembelajaran anatomi dan fisiologi dasar manusia yang menarik.Proses awal pembangunan game meliputi pengumpulan data dengan cara studi literatur, observasi dan kuesioner. Software Development Life Cycle (SDLC) yang merupakan tahapan pembangunan perangkat lunak menggunakan model Waterfall dan tools pemodelan menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Proses Selanjutnya pada tahap analisis kebutuhan fungsional, non fungsional dan perancangan sistem seperti storyline, gameplay, storyboard ,dan analisis sistem. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan Metodologi penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest �� Posttest Design. Metode ini mengharuskan responden menjawab pretest teori dan praktek, memainkan game, lalu menjawab posttest teori dan praktek. Kemudian nilainya dihitung untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang didapat dan akhirnya akan menjadi kesimpulan penelitian.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan terjadi peningkatan nilai sebesar 28 pada teori dan 14 pada praktek. Nilai signifikan yang diperoleh adalah sig=0,000 < 0,01 untuk teori dan sig=0,002 < 0,01 untuk praktek yang memenuhi sig &#8804; &#945; maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima sehingga kesimpulannya terjadi peningkatan pemahaman teori dan praktek.. Diperkuat dengan hasil kuesioner yang telah di berikan, bahwa game yang dibangun ternyata bisa menarik minat belajar pengguna khususnya anak-anak, meningkatkan pemahaman, daya ingat pengguna untuk nama-nama anatomi dalam bahasa latin dan bisa menjadi media pembelajaran alternatif yang lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Anatomi dan Fisiologi , Pre-Experimental
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26086

Actions (login required)

View Item View Item