Eksistensi Komunitas Kaum Jelata Gila Modif Motor Di Jakarta Selatan (Studi Deksriptif Mengenai Eksistensi Komunitas Kaum Jelata Gila Modif Motor Di Jakarta Selatan)

Aulia Makmun, Ahmad (2016) Eksistensi Komunitas Kaum Jelata Gila Modif Motor Di Jakarta Selatan (Studi Deksriptif Mengenai Eksistensi Komunitas Kaum Jelata Gila Modif Motor Di Jakarta Selatan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Komunitas Kaum Jelata Gila Modif Motor Di Jakarta Selatan. Eksistensi merupakan sebuah identitas pada konteks komunikasi kelompok. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini : Kemampuan komunitas, perkembangan komunitas dan Pencitraan komunitas kaum jelata gila modif. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 2 (dua) orang ketua dan wakil komunitas kaum jelata, dan 2 (dua) orang anggota komunitas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online.. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kemampuan komunitas kaum jelata berawal dari sebuah hobi dan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan bersosialisasi pada proses keberadaan komunitas motor. Perkembangan anggota komunitas dan masyarakat yang mempengaruhi keberadaan komunitas motor. Pencitraan menjadi langkah yang menentukan berhasil atau tidaknya citra yang dibangun dimata masyarakat. Kesimpulan eksistensi yang hendak dibentuk oleh komunitas kaum jelata gila modif motor berawal dari kemampuan para anggotanya untuk memodifikasi sepeda motor dan dibantu oleh perkembangan yang terjadi pada setiap kegiatannya serta perkembangan teknologi sebagai media untuk membantu proses pencitraan sehingga mampu membangun citra positif di mata masyarakat dan meraih tujuan untuk membentuk sebuah eksistensi positif di masyarakat. Saran untuk komunitas eksistensi tidak dapat dibentuk dalam waktu yang singkat, membutuhkan kesabaran untuk dapat membentuk sebuah eksistensi seperti yang diharapkan oleh karena itu dibutuhkan dedikasi yang tinggi dan juga pemanfaatan pada perkembangan yang terjadi pada dunia di sekeliling kita terutama perkembangan teknologi dunia otomotif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Perkembangan, Pencitraan, Eksistensi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26095

Actions (login required)

View Item View Item