Perilaku Komuniksi Mahasiswa Ambon (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komuniksi mahasiswa Ambon Dalam Berinteraksi Dengan Mahasiswa Sunda Di Perguruan Tinggi Kota Bandung)

Aprilya K, Agglien (2016) Perilaku Komuniksi Mahasiswa Ambon (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komuniksi mahasiswa Ambon Dalam Berinteraksi Dengan Mahasiswa Sunda Di Perguruan Tinggi Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perilaku Komunikasi Mahasiswa Ambon dalam Berinteraksi Dengan Mahasiswa Sunda di Perguruan Tinggi Kota Bandung. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang mendalam serta didukung dengan studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tujuh orang mahasiswa sebagai informan penelitian, satu orang informan kunci yaitu mahasiswa dari suku Ambon dan empat orang informan pendukung lainnya yaitu orang dari suku Sunda. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa perilaku komunikasi verbal mahasiswa Ambon lebih menggunakan bahasa Ambon ketika bebicara dengan sesama orang Ambon sedangkan berinteraksi dengan mahasiswa orang Sunda lebih menggunakan bahasa Indonesia. Proses komunikasi non verbal dicirikan dengan nada bicara yang tinggi atau logat yang lebih cepat dan bicara yang keras ada hambatan dalam berinteraksi dengan mahasiswa lain di Peguruan Tinggi Kota Bandung. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah perilaku komunikasi mahasiswa Ambon lebih melihat kepada lawan bicara mereka dan menyesuaikan pada situasi dan kondisi yang ada. Saran dari penelitian ini sebaiknya Mahasiswa pendatang khususnya Mahasiwa yang berasal dari Ambon mempelajari tentang perilaku komunikasi dan proses interaksi sosial dengan baik, serta menjalin hubungan kekerabatan dengan masyarakat sekitar (Kota Bandung).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Mahasiswa Ambon, komunikasi verbal, komunikasi non verbal, hambatan komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26100

Actions (login required)

View Item View Item