Sistem informasi geografis rehabilitas hutan dan lahan sidang kehutanan Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Bandung

Yudha Erlangga, Yusuf (2013) Sistem informasi geografis rehabilitas hutan dan lahan sidang kehutanan Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu tugas dari Bidang Kehutanan adalah melakukan perencanaan kegiatan dan melaksanakan urusan kehutanan bidang rehabilitasi hutan dan lahan berupa penanaman pohon, selain itu bidang kehutanan juga harus memberikan informasi yang cukup mengenai pohon-pohon kayu. Dalam melakukan tugasnya bidang kehutanan mengalami kesulitan dalam menentukan titik yang harus direhabilitasi, karena data yang dimiliki tidak merepresentasikan tempat yang harus dilakukan rehabilitasi dan mengalami kesulitan dalam menentukan pohon yang cocok ditanam pada titik rehabilitasi, selain itu bidang kehutanan belum memiliki fasilitas untuk memberikan informasi yang cukup mengenai pohon-pohon kayu kepada masyarakat.Sistem Informasi Geografis ini dibangun agar bisa membantu kerja bidang kehutanan dalam melakukan rehabilitasi hutan dan lahan serta memberikan informasi yang cukup kepada masyarakat. Metodologi pembuatan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem informasi ini ialah metodologi waterfall dengan langkah-langkah dimulai dari System Information Engineering, Analysis, Design, Coding, Testing, hingga Maintenance. Metode perancangan yang digunakan adalah metode terstruktur dengan Flowmap, ERD, DFD sebagai alat bantu untuk merancang aplikasi pengembangan sistem informasi geografis ini. Pembangunan perangkat lunak ini menggunakan MySQL 5.1.36 sebagai tempat penyimpanan database, PHP sebagai bahasa pemrograman, dan Google Maps sebagai tools untuk menampilkan peta.Berdasarkan hasil pengujian alpha yang dilakukan dengan jenis pengujian black box didapatkan hasil bahwa fungsionalitas yang ada pada sistem informasi geografis ini telah berjalan dengan baik dan menghasilkan keluaran seperti yang diharapkan. Pengujian beta dilakukan dengan cara kuesioner pada masyarakat dan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem informasi geografis ini dapat membantu dalam memperoleh informasi dan rekomendasi penanaman pohon kayu. Pengujian beta juga dilakukan pada pihak dinas dengan cara wawancara, dan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem informasi geografis dapat membantu bidang kehutanan dalam melakukan tugasnya melakukan rehabilitasi hutan dan lahan serta memberikan informasi yang cukup kepada masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Rehabilitasi Hutan dan Lahan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item View Item