Pembangunan sistem informasi geografis daerah di Kota Cimahi berbasis web

Ismatullah, Iman (2013) Pembangunan sistem informasi geografis daerah di Kota Cimahi berbasis web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kota Cimahi merupakan kota administratif yang berada di wilayah kabupaten Bandung yang memiliki banyak potensi. Informasi tentang potensi yang dimiliki suatu wilayah berperan dan berfungsi dalam perencanaan yang bisa dikembangkan untuk memajukan kota Cimahi. Perencanaan pembangunan daerah yang dilakukan pemerintah kota Cimahi saat ini didasarkan pada peta pola ruang yang telah disesuaikan dengan keadaan di masing-masing kelurahan untuk kemudian lokasi tersebut direkomendasikan kepada masyarakat. Kenyataan yang terjadi di lapangan, pengajuan permohonan pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat terkadang tidak sesuai dengan pola ruang yang telah disusun sebelumnya oleh BAPPEDA kota Cimahi. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi lokasi karena informasi yang ada saat ini masih berbentuk berkas berupa peta pola ruang konvensional dan angka-angka/nonspasial.Melihat kondisi tersebut, terkait kebutuhan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) terhadap kebutuhan dalam memperoleh informasi diperlukan pembangunan suatu sistem untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan membangun sistem informasi geografis daerah yang menampilkan data-data administratif serta lokasi rekomendasi untuk perencanaan pembangunan di kota Cimahi yang berkaitan dengan lokasi yang strategis yang dapat menunjang kemajuan pembangunan di kota Cimahi dengan memanfaatkan fasilitas Google Maps dan metode Brown Gibson untuk membantu mengambil keputusan sehingga diperoleh informasi untuk menentukan lokasi yang cocok untuk perencanaan pembangunan yang akan datang.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sistem informasi geografis ini dapat membantu BAPPEDA dalam menyampaikan informasi geografis kepada masyarakat tentang lokasi yang strategis dan berpotensi yang dapat menunjang kemajuan pembangunan di kota Cimahi, mempermudah melakukan perubahan data mengenai lokasi-lokasi yang strategis yang ada di kota Cimahi, serta mempermudah dalam melakukan pencarian lokasi yang strategis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Brown Gibson, perencanaan pembangunan, lokasi, rekomendasi, google maps, BAPPEDA, strategis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item View Item