Pembangunan sistem informasi perencanaan dan pengendalian bahan baku PT.Mustika Cita Rasa (Holland Bakery)

Gunawan, Eko (2013) Pembangunan sistem informasi perencanaan dan pengendalian bahan baku PT.Mustika Cita Rasa (Holland Bakery).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Mustika Cita Rasa (Holland Bakery) yang terletak di Jl. Abdul Rivai No. 7 Bandung adalah salah satu perusahaan roti modern di Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk kuliner berupa roti dan kue. Holland Bakery yang terletak di Jl. Abdul Rivai No. 7 Bandung adalah satu-satunya cabang di Bandung yang melakukan produksi. Pada departemen distribusi ditemukan masalah yaitu dalam memperkirakan jumlah produk yang akan diproduksi. pada departemen gudang ditemukan juga masalah apabila terjadi kekurangan bahan baku produksi. Sedangkan pada departemen PPIC (Production Planning Inventory Control) sering mengalami kesulitan dalam menghitung pemakaian bahan baku berdasarkan resep. Berdasarkan masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang saling terintegrasi yang dapat menghasilkan suatu informasi untuk digunakan oleh masing-masing departemen. Untuk membangun sistem informasi tersebut diperlukan suatu metode yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga, sistem informasi yang dibangun dapat sesuai dengan kebutuhan yang ada. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah memperkirakan jumlah produk yang akan diproduksi yaitu metode peramalan Single Moving Average dan metode yang digunakan untuk keperluan bahan baku yaitu metode Economic Order Quantity.Setelah pembangunan sistem informasi selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pengujian terhadap sistem. Pengujian ini dilakukan dengan dua pengujian, yaitu menggunakan pengujian blackbox dan beta. Teknik pengujian blackbox yang dilakukan adalah equivalence partitioning dan cause-effect relationship, sedangkan teknik pengujian betanya adalah dengan melakukan wawancara kepada pengguna internal pihak Holland Bakery. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi yang dibangun telah cukup memenuhi tujuan dari dibangunnya sistem informasi ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Holland Bakery, Sistem Informasi, Peramalan, EOQ (Economic Order Quantity), PPIC (Production Planning Inventory Control)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26130

Actions (login required)

View Item View Item