Sistem informasi inventory dengan memanfaatkan metode single exponential smoothing untuk peramalan penjualan produk di PD.Nabila Kosmeteik Bogor

Aswin Amvani, Rizky (2013) Sistem informasi inventory dengan memanfaatkan metode single exponential smoothing untuk peramalan penjualan produk di PD.Nabila Kosmeteik Bogor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PD Nabila Kosmetik merupakan sebuah perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan kosmetik. Pada sistem yang sedang berjalan saat ini, PD Nabila Kosmetik memiliki beberapa kendala, contohnya dalam proses pengolahan data kebutuhan penjualan yang masih dilakukan secara manual sehingga menyebabkan pendataan kurang dapat memberi informasi yang akurat terhadap data kebutuhan penjualan. Masalah berikutnya yaitu dalam persediaan barang, PD Nabila Kosmetik belum memiliki perencanaan pembelian yang dapat memprediksi stok barang yang ada terhadap penjualan yang akan datang. Kendala lain dari sistem yang sedang berjalan saat ini, belum adanya sistem yang dapat memonitoring tingkat penjualan tim sales. Hal tersebut memperlambat pimpinan dalam memantau kinerja dan melakukan evaluasi terhadap sales.Untuk memecahkan masalah yang dihadapi PD Nabila Kosmetik, maka dirancanglah suatu sistem informasi untuk dapat mengelola data kebutuhan penjualan, memprediksi penjualan untuk bulan selanjutnya dan memonitoring tingkat penjualan sales. Metode pembangunan yang digunakan dalam membangun aplikasi ini yaitu metode waterfall. Adapun analisis dan perancangan sistem baru dibangun berdasarkan aliran sistem yang sudah ada dengan menggunakan analisis data terstruktur. Sedangkan dalam menentukan perencanaan pembelian bulan selanjutnya, pada sistem informasi ini dilakukan analisis peramalan menggunakan metode single exponential smoothing.Setelah melalui tahapan yang sesuai dengan metode pengembangan, maka dalam mengimplementasikan sistem informasi ini dilakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dan pengujian beta. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem secara keseluruhan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan dibangunnya sistem informasi ini, diharapkan dapat mempermudah PD Nabila Kosmetik dalam mengelola data kebutuhan penjualan, memprediksi penjualan bulan selanjutnya dan memonitoring tingkat penjualan sales.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Inventory, Forecasting, Single Exponential Smoothing, Monitoring
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item View Item