Pembangunan sistem informasi IT-helpdesk ITB berbasis web

Fadli Majid M, Muhamad (2013) Pembangunan sistem informasi IT-helpdesk ITB berbasis web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

IT Helpdesk merupakan sebuah unit layanan yang bertugas membantu mengatasi permasalahan terkait penggunaan fasilitas TIK di ITB, IT Helpdesk menyediakan beberapa bentuk layanan yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademik di ITB dalam menggunakan layanan TIK. Layanan unit ini diantaranya berupa instalasi, troubleshooting software, service dan maintenance komputer. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pembangunan sistem informasi bagi user, konsumen dan manajamen IT Helpdesk. IT Helpdesk ITB saat ini telah memiliki sebuah sistem informasi yang mencakup pengelolaan registrasi data user dan keuangan, akan tetapi pada aplikasi sistem informasi tersebut belum terdapat sistem yang memberikan informasi mendetail dari pihak konsumen, yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen IT Helpdesk sendiri dalam melacak status pelayanan, dan juga sistem yang ada saat ini belum dapat menunjang kebutuhan manajemen dalam memantau dan mengevaluasi kinerja para teknisi. Hasil dari penelitian yaitu berupa sistem yang bisa memberikan informasi dengan secara cepat dan akurat kepada konsumen dan manajamen IT Helpdesk.Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan salah satu model pengambilan keputusan yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan multikriteria. AHP umumnya digunakan dengan tujuan untuk menyusun prioritas dan penilaian dari berbagai alternatif/pilihan yang ada dan pilihan-pilihan tersebut bersifat kompleks atau multikriteria. Secara umum, dengan menggunakan AHP, prioritas dan penilaian yang dihasilkan akan bersifat konsisten dengan teori, logis, dan transparan. AHP akan sangat cocok digunakan untuk penyusunan prioritas kebijakan dari manajamen IT Helpdesk ITBdalam menilai dan mengevaluasi kinerja dari teknisi secara transparansi berdasarkan data-data objektif yang akan diberikan oleh aplikasi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Helpdesk, AHP, Nilai
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26162

Actions (login required)

View Item View Item