Sistem informasi distribusi obat dengan pendekatan metode supply chain management di Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat

Ilham Nafian, Hindaka (2013) Sistem informasi distribusi obat dengan pendekatan metode supply chain management di Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat merupakan instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang kesehatan dan memiliki tanggung jawab dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Dinas Kesehatan itu sendiri membawahi sebanyak 31 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bandung Barat dan satu buah gudang penyimpanan yang melakukan penerimaan serta pengiriman obat-obatan yang disebut dengan Gudang Farmasi atau Gudang Pusat. Permasalahan yang dihadapi adalah kurang efisiennya proses pencatatan barang karena pencatatan masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama dan juga menimbulkan kesalahan dalam hal pencatatan barang masuk dan keluar sehingga ketika dilakukan pengecekan antara catatan dengan fisik barang terdapat selisih yang menyebabkan kerugian materil.Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun sistem informasi distribusi obat dengan pendekatan metode supply chain management di Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat. Tujuannya adalah menyediakan informasi stok obat untuk Dinas Kesehatan dan Puskesmas, memudahkan dalam pendataan obat, memudahkan dalam pembuatan laporan, juga meramalkan kebutuhan obat untuk periode selanjutnya. Metode peramalan yang digunakan adalah single exponential smoothing. eramalan kebutuhan obat menggunakan data permintaan seluruh puskesmas yang dijumlahkan dan diurutkan berdasarkan tahun. Variable alpha yang digunakan merupakan rentang nilai dari nol sampai satu sehingga perhitungan kebutuhan obat untuk periode selanjutnya dapat dilakukan dan hasil dari prediksi kebutuhan obat tersebut digunakan sebagai acuan perencanaan kebutuhan obat periode selanjutnya.Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box untuk fungsional, sudah bebas kesalahan sintak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa telah berhasil membuat sistem informasi yang dapat membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Obat ,Peramalan ,Single Exponential Smoothing, Sistem Informasi, supply chain management.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item