Pengaruh rasio lancar dan marjin laba kotor terhadap pertumbuhan laba bersih perusahaan dan ban pada sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Firmansyah, Arie (2013) Pengaruh rasio lancar dan marjin laba kotor terhadap pertumbuhan laba bersih perusahaan dan ban pada sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertumbuhan laba bersih merupakan elemen yang paling penting bagi perusahaan karena laba bersih merupakan nilai yang merepresentasikan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Semakin besar tingkat laba bersih, maka akan mencerminkan kinerja perusahaan yang semakin baik. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh rasio lancar dan marjin laba kotor terhadap pertumbuhan laba bersih perusahaan ban pada sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan ban pada sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama delapan periode yaitu periode 2005-2012 dengan jumlah sampel perusahaan sebanyak 4 perusahaan, secara keseluruhan jumlah data yang dianalisis adalah sebanyak 32 data. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tidak langsung, yaitu data sekunder perusahaan ban pada sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005 sampai dengan akhir periode pada bulan juni 2012. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Eviews software 5.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama Rasio Lancar dan Marjin Laba Kotor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pertumbuhan Laba Bersih sebesar 18,18% dan sisanya sebesar 81,82% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari uji secara parsial yang memberikan pengaruh signifikan positif terhadap Pertumbuhan Laba Bersih adalah Rasio Lancar. Sedangkan Marjin Laba Kotor mempunyai pengaruh yang tidak signifikan negatif terhadap Pertumbuhan Laba Bersih.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rasio Lancar, Marjin Laba Kotor, Pertumbuhan Laba Bersih.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26191

Actions (login required)

View Item View Item