Pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen pada bank umum swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Febyanto, Try (2013) Pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen pada bank umum swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Bank Umum Swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fenomena yang terjadi adalah krisis ekonomi yang melanda bank-bank di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa mengakibatkan penurunan likuiditas yang diakibatkan oleh adanya penurunan kepercayaa dari masyarakat terhadap bank sehingga masyarakat banyak mengambil simpanannya, banyaknya nasabah yang menarik dananya mengakibatkan profitabilitas mengalami penurunan karena banyaknya dana yang harus dibayar kepada nasabah, penurunan rasio profitabilitas dan likuiditas ini mengakibatkan penurunan kebijakan dividen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Objek penelitian adalah profitabilitas, likuiditas dan kebijakan dividen pada Bank Umum Swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dan pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan data sekunder dari Pusat Informasi Pasar Modal Bandung. Ruang lingkup penelitian mencakup bagaimana perkembangan profitabilitas, likuiditas dan kebijakan dividen, serta hubungan antara profitabilitas dan likuiditas, dan pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen, pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen.Hubungan antara likuiditas dan profitabilitas sangat rendah dan terbalik artinya apabila likuiditas meningkat maka profitabilitas menurun. Pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen juga sangat rendah dan terbalik, sedangkan pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen searah dan sangat rendah, hal ini berarti apabila likuiditas mengalami peningkatan maka kebijakan dividen akan mengalami peningkatan pula.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Dividen.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item