Pengaruh inflasi suku bunga Bank Indonesia terhadap tingkat pengembalian aset dan harga saham pada PT.Bank Negara Indoensia (persero) Tbk periode Juni 2005-September 2012

Astri Lestari, Gita (2013) Pengaruh inflasi suku bunga Bank Indonesia terhadap tingkat pengembalian aset dan harga saham pada PT.Bank Negara Indoensia (persero) Tbk periode Juni 2005-September 2012.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Inflasi, Suku Bunga Bank Indonesia dan tingkat pengembalian aset merupakan faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi harga saham perbankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inflasi, suku bunga Bank Indonesia terhadap tingkat pengembalian aset dan harga saham secara parsial maupun simultan.Sampel dalam penelitian ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk selama delapan periode. Data diambil pertriwulan mulai dari bulan Juni 2005-September 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis dilakukan dengan teknik analisa jalur, korelasi pearson, koefisien determinasi, uji autokorelasi dan multikolinieritas dengan perhitungan komputerisasi menggunakan SPSS 20 for windows. Berdasarkan uji autokorelasi dan multikolinieritas tidak ditemukan variabel yang menyimpang. Kesimpulan dari hasil analisis statistik adalah inflasi, suku bunga Bank Indonesia secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian aset sebesar 30,8%. Krisis keuangan dan kenaikan bahan bakar minyak tahun 2005 dan 2008 meningkatkan laju inflasi dan suku bunga Bank Indonesia, akibatnya berpengaruh pada pendapatan dan biaya operasional bank. Inflasi, suku bunga Bank Indonesia dan tingkat pengembalian aset secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar 75,0%. Kekhawatiran investor akan krisis keuangan memaksa mereka untuk menarik kembali investasi yang ditanamkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inflasi, suku bunga Bank Indonesia, tingkat pengembalian aset dan harga saham.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26199

Actions (login required)

View Item View Item