Pengaruh rasio hutang dan kepemilikan managerial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Ady Hermawan, Herdis (2013) Pengaruh rasio hutang dan kepemilikan managerial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan kemakmuran pemegang saham, Karena itu manager keuangan yang diangkat oleh pemegang saham, Namun kadang manager lebih baik memaksimalkan kemakmuran mereka sendiri. Untuk mencegah konflik keagenan antara pihak manager dan pemegang saham maka dibuatlah suatu kebijakan yaitu kebijakan hutang dalam keputusan pendanaan dan kebijakan dividen dalam keputusan investasi yang diserahkan semua keputusan kepada manager. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan, dan hubungan secara simultan maupun parsial antara Rasio Hutang dan Kepemilikan Managerial terhadap Kebijakan Dividen untuk memberikan informasi serta digunakan untuk meminimumkan agency cost dengan sample pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Data yang dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa Annual Report dan ICMD dari IDX periode 2006-2011. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis jalur dengan perhitungan Korelasi pearson, Koeffisien determinasi, Uji f dan Uji t. Dengan menggunakan program aplikasi SPSS 19.0 for window sebagai alat analisis.Hasil analisis Secara parsial Rasio Hutang dengan Kebijakan Dividen sangat rendah dan tidak searah, signifikan. Kepemilikan Managerial terhadap Kebijakan Dividen memiliki hubungan yang tidak searah, sangat rendah dan tidak signifikan. Hubungan Rasio Hutang dengan Kepemilikan Managerial memiliki pengaruh dengan searah, rendah namun tidak signifikan. Sedangkan secara simultan Rasio Hutang dan Kepemilikan Managerial terhadap Kebijakan Dividen hubungannya searah, kuat dan berpengaruh signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio, Managerial Ownership dan Dividen Pay Out Ratio
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26220

Actions (login required)

View Item View Item