Pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru pada SMP Pasundan 6 Bandung dan SMK Pasundan 3 Bandung

Prasetya Tartib, Agni (2013) Pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru pada SMP Pasundan 6 Bandung dan SMK Pasundan 3 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Guru merupakan elemen kunci dalam dunia pendidikan. Perannya sangat penting dalam mengasah kemampuan akademik maupun membangun karakter siswa. Untuk menghasilkan siswa yang bermutu diperlukan kinerja guru yang berkualitas. Dalam meningkatkan kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor dari luar individu yaitu lingkungan kerja dan faktor dari dalam individu yaitu kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada SMP Pasundan 6 Bandung dan SMK Pasundan 3 Bandung. Fenomena yang terjadi kinerja yang rendah terlihat dari sertifikasi guru yang masih rendah, karena sertifikasi menunjukan kompetensi individu tetapi belum mengenai penilaian kinerja secara menyeluruh. Selain itu lingkungan kerja yang kurang kondusif menandakan bahwa sekolah kurang memperhatikan infrastruktur. Kepuasan kerja yang rendah karena kompensasi yang belum mencukupi kebutuhan serta pembagian deskripsi pekerjaan yang kurang merata untuk guru-guru baru yang mayoritas berstatus honorer.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan kinerja serta besar pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja serta lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru pada SMP Pasundan 6 Bandung dan SMK Pasundan 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru-guru yang berjumlah 73 dengan menggunakan sampling jenuh. Pengujian statistik yang digunakan adalah Analisis Jalur, korelasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21 for windows. Hasil analisis deskriptif menjelaskan bahwa lingkungan kerja termasuk dalam kategori baik, kepuasan kerja termasuk dalam kategori tinggi serta kinerja guru termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja dengan tingkat hubungan sedang. Lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja dengan tingkat hubungan cukup tinggi. Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja dengan tingkat hubungan cukup tinggi. Demikian halnya Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dengan tingkat hubungan yang cukup tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26228

Actions (login required)

View Item View Item