Analisis kualitas perangkat lunak sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMKA) dan dampaknya terhadap kepuasan pegawai Puslitbang Sumberdaya Air (PUSAIR)

Risnawati, Rina (2015) Analisis kualitas perangkat lunak sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMKA) dan dampaknya terhadap kepuasan pegawai Puslitbang Sumberdaya Air (PUSAIR).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMKA) merupakan aplikasi yang seringkali digunakan untuk memudahkan pengolahan informasi kepegawaian, salah satunya digunakan oleh instansi Puslitbang Sumber Daya Air (PUSAIR), sebuah instansi pemerintah yang memiliki jumlah pegawai cukup banyak. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMKA) masih memiliki banyak kekurangan, diantaranya masih terjadi keterlambatan dalam hal mengupdate data pegawai, jaringan inetrnet yang sering down, tampilan aplikasi yang kurang menarik dan diperlukan penambahan menu untuk pangkat PNS pada setiap pegawai. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini melakukan analisa peranan kulitas perangkat lunak aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMKA) terhadap kepuasan pengguna dengan mengunakan standar ISO (The International Standards Organization) yaitu Functionality, Reliability, Usability, Efficiency (Efisiensi) dan dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) yaitu Content, Accuracy, Format, Easy of Use dan Timeliness. Adapun metoda pengumpulan data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan secara langsung pada pengguna aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMKA) di Puslitbang Sumber Daya Air dengan menyajikan beberapa pertanyaan yang dirancang untuk mendapatkan jawaban atas penelitain yang dilakukan. Metode tersebut termasuk pada jenis penggumpulan data primer yang diperoleh langsung dari unit pengamatan atau responden penelitian. Teknik atau metode pengumpulan data primer dalam penelitian meliputi observasi, wawancara, studi literatur, dan kuesioner berdasarkan hal-hal yang menyangkut dengan objek penelitian. Untuk melihat hubungan antara variabel kualitas Aplikasi SIMKA dan kepuasan pengguna maka digunakan analisis korelasi Pearson. Sedangkan untuk melihat besarnya peranan, digunakan koefisien determinasi. Analisis korelasi menghasilkan nilai korelasi sebesar 0.872 yang termasuk kedalam kriteria hubungan sangat kuat. Sedangkan besarnya peranan kualitas Aplikasi terhadap kepuasan pengguna adalah 76.03% dengan demikian hipotesis penelitian yang diajukan di dukung oleh hasil penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Aplikasi, Kepuasan Pengguna, ISO 9126
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26238

Actions (login required)

View Item View Item