Pengaruh private label dan citra toko pada preferensi belanja (survey pada konsumen Yomart Cabang Dago Pakar di Bandung)

Puja Mardika, Jeri (2013) Pengaruh private label dan citra toko pada preferensi belanja (survey pada konsumen Yomart Cabang Dago Pakar di Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan industri ritel di Indonesia semakin menjamur dan berwarna dalam jangka waktu yang singkat Strategi private label telah menjadi bagian strategi pemasaran yang dilakukan oleh para peritel. Yomart cabang Dago Pakar adalah salah satu dari sejumlah retailer di kota Bandung yang menjual private label. Yomart dikenal konsumen sebagai pengecer berbagai produk bukan sebagai produsen berbagai produk. Namun di Yomart terdapat produk yang dijual dengan menggunakan merek Yomart yaitu YOA dan Pasti Hemat. Inilah yang disebut produk dengan private label milik Yomart yang merupakan bagian dari Yogya Group Dept. Store. Citra toko dapat mempengaruhi penjualan produk private label. Pada dasarnya citra dari sebuah toko berhubungan dengan bagaimana sebuah ritel dipersepsi oleh para konsumennya. Dalam kegiatan belanjanya, konsumen membentuk image dari lingkungan toko, produk yang dijual dan faktor lain, dan image yang dipersepsi konsumen ini akan mempengaruhi pola belanjanya di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh private label dan citra toko terhadap preferensi belanja pada Yomart cabang Dago Pakar di Bandung. Hasil penelitian ini juga diharapkan memberikan tambahan pengetahu tentang kajian pustaka private label, citra toko dan preferensi belanja.Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini sampel terdiri dari 100 responden konsumen di wilayah Dago Pakar kota Bandung dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji signifikansi simultan (uji f) dan uji signifikansi parsial (uji t) dengan bantuan software SPSS 18.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh private label dan citra toko terhadap preferensi belanja (survey pada konsumen yomart cabang dago pakar di bandung) termasuk kategori baik. Citra toko merupakan faktor yang mempengaruhi konsumen pada Yomart cabang Dago Pakar di Bandung. Hasil analisis statistik korelasi antara private label dan preferensi belanja bersifat positif dan signifikan, serta korelasi antara citra toko dan preferensi belanja bersifat positif dan signifikan pada Yomart cabang Dago Pakar di Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: private label, citra toko, preferensi belanja
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item