Pengaruh brand image dan reference group terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan anderoid sphygmomanometer merek ABN : (survey di PT.Abadinusa Usaha Semesta Bandung)

Hardi Sm, Robby (2013) Pengaruh brand image dan reference group terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan anderoid sphygmomanometer merek ABN : (survey di PT.Abadinusa Usaha Semesta Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian dan loyalitas, kemudian seberapa besar pengaruh keputusan pembelian itu sendiri terhadap loyalitas pelanggan Aneroid Sphygmomanometer ABN di PT Abadinusa Usaha Semesta di Bandung. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi awal di lapangan dan didapatkan sebuah masalah bahwa terjadi fluktuatif jumlah penjualan Aneroid Sphygmomanometer ABN pada tahun 2009 -2011.Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan program SPSS. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Penlitian dilakukan dengan pembagian kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan terkait indikator-indikator citra merek, kelompok referensi, keputusan pembelian dan loyalitas.Hasil dari penilitian tersebut bahwa, pertama, citra merek dan kelompok referensi mempengaruhi keputusan pembelian. Kedua, citra merek dan keputusan pembelian mempengaruhi loyalitas, sedangkan pengaruh dari kelompok referensi tidak signifikan. Dikatakan demikian karena berdasarkan hasil dari nilai indeks menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki nilai skala sikap yang tinggi responnya terhadap variabel-variabel tersebut (kecuali kelompok referensi terhadap loyalitas).Kemudian didukung juga dengan hasil uji-uji lain yang menyatakan bahwa model yang digunakan penulis terbukti baik dan signifikan sesuai dengan teori-teori yang diaplikasikan. Dari hasil tersebut, maka dengan demikian, menjaga dan meningkatkan indikator-indikator citra merek, serta meningkatkan hubungan dengan kelompok referensi, maka akan membentuk citra merek yang positif terhadap Aneroid Sphygmomanometer ABN dimana akan mempengaruhi keputusan pembelian dan berdampak pula pada loyalitas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: citra merek, kelompok referensi, keputusan pembelian, loyalitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item